Kembali


Dengan langkah terburu-buru namun setengah ragu, aku menyusuri lantai bawah sebuah plaza di kotaku.

Aku lupa di mana letak toko buku yang beberapa bulan lalu pernah ku kunjungi di sini.
Maklum, dari total tiga kali aku kesini, baru sekali saja aku mampir di toko bukunya.

Beberapa orang tampak santai memilih-milih pakaian dan pernak-pernik yang ada di tiap-tiap shop. Dan puluhan orang terlihat mengerubungi panggung pentas. Oh, rupanya sedang ada boyband. Aku geli. Karena teringat seorang kawanku yang jika melihat hal ini, pasti akan merepet jengkel. Secara, ia tak bisa bernyanyi sambil menari seperti para laki-laki berbadan lentur itu.

Syukurlah, tak perlu lama membayangkan repetan jengkel kawanku, karena setelah belok kanan menjauh dari panggung para boyband itu, tepat di ujung loby barat plaza ini, aku melihat plank nama toko buku terpampang begitu besar.

Langkah ku percepat. Tak sabar untuk memburu sebuah buku. Meskipun aku belum tahu pasti judul buku apa yang akan ku beli. Namun, tema ke-preneurship-an sudah membayang di kepalaku.
Dan, inilah saat-saat yang membuatku berkesan masuk ke toko buku ini.
Seorang laki-laki paruh baya, tak punya rambut sama sekali, tersenyum lebar, memakai kain coklat-yang mirip dengan kain ihrom jemaah haji pria-, bertahan dalam poster.
Selamat datang. Mungkin itu maksud wajah sumringahnya.

Aku terkesiap ketika melihat sosok yang tak seramah tuan biksu dalam poster itu, berada di seberang tempatnya berdiri. Pertama kali aku kesini, ia tak ada di situ. Wajahnya jutek minta ampun. Bila saja, tak ada keterangan apapun dalam posternya, aku tak pernah tau bahwa ia adalah Stalin.

Hm, kontras sekali pemandangan ini. Aku tersenyum geli kembali. Kali ini, bukan mengingat kawanku lagi, tapi aku ingat bahwa aku pernah penasaran dengan wajah tokoh masa lampau itu, sewaktu duduk di pelajaran sejarah, lima tahun lalu.

*bersambung*

Leave a Reply

