Oleh-oleh Milad FKDK-14


“Apa kabar hari ini?” Sebuah suara lantang mengudara di seantero Aula Unsika.
“Alhamdulillah, luar biasa, Allahu akbar!” jawaban khas sebagian besar penghuni aula itu, menggaungkan gedung yang baru saja selesai di renovasi beberapa waktu lalu. Sudah banyak orang rupanya di dalam gedung. Dari yang muda sampai yang muda.

Mengapa saya katakan ‘Dari yang muda sampai yang muda’? Karena memang tak ada yang bisa disebut tua di gedung itu. Hal itu karena, semangat mereka untuk berbuat baik, nampak jauh lebih muda dari usianya. Mereka menduduki kursi merah marun yang telah tersedia. Mereka hadir, untuk memenuhi undangan.

Undangan milad FKDK UNSIKA.

Yup! Mengawali tahun 2013 ini, salah satu organisasi kampus UNSIKA, yakni FKDK (Forum Komunikasi Dakwah Kampus), mengadakan peringatan, lebih tepatnya syukuran, atas usianya yang sudah sampai di tahun ke Empat belasnya.

Usia yang semoga menjadikan FKDK lebih dewasa dan lebih bermakna, bagi Unsika khususnya, dan bagi masyarakat umumnya.

Maka, memaknai milad tersebut, FKDK mengadakan kegiatan sosial yang bertema, ‘Satu Hati, Satu Cinta, dari FKDK untuk semua’.

Kiranya tak berlebihan tema itu diusungkan. Karena, kegiatan sosial memang mutlak membutuhkan keterlibatan hati, dan cinta.

Tanpa adanya dorongan dari hati, kegiatan sosial, atau kegiatan apapun, tak akan terlaksana. Sekalipun terlaksana, bila tanpa hati, perbuatan itu bagai bubur khusus orang sakit, anyep.

Teringat Master Cinta teladan kita, Nabi pamungkas diantara semua Nabi, yakni Muhammad saw, dengan izin Allah, adalah orang yang sempurma mengajarkan bagaimana arti cinta. Cinta pada sesama. Sehingga penyebaran Islam pun meluas, menembus benua dan setiap penjuru dunia, sampai sekarang.

Jadi, tanpa kehadiran cinta, mana mungkin dakwah bisa diterima?

Untuk itulah, bentuk kegiatan yang dilaksanakanpun, diharapkan mampu menyentuh hati dan cinta antar sesama, pada porsi yang sewajarnya tentu saja.

Kegiatan yang dimaksud adalah, santunan anak yatim, pengobatan gratis untuk warga sekitar kampus, donor darah, dan talkshow.

Dalam kegiatan ini, FKDK didukung PKPU, PMI, dan Usman (Usaha Mandiri).
Seandainya, mereka tak disentuh Yang Maha Memiliki hati dan cinta, dengan Kalam berikut ini :

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin…” (Al-Baqarah: 177)

“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin.” (An Nisa`: 36)

mungkin mereka tak akan sesemangat itu melakukan kegiatan tersebut.

Sentuhan KalamNya itu, semakin ditegaskan dalam kesimpulan talkshow pada acara tersebut, bahwa ketika kita memberikan atau melakukan kebaikan, maka penting untuk memperhatikan tiga hal berikut :

Pertama, niatkan karena Allah. Bukan karena makhluk, atau apapun selainNya.
Kedua, lakukan bersama Allah, artinya prosessnya harus Ahsan, baik. Ketiga, serahkan pada Allah, artinya kebaikan itu harus diupayakan untuk mendapatkan ridho Allah.
Bila semua hal itu dapat dilaksanakan, maka, insyaAllah kebaikan yang kita lakukan, tidak akan sia-sia.

Demikian, oleh-oleh dari Milad FKDK yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Dan semoga FKDK semakin diberkahi Allah swt. Aamiin.

^_____________^

Image

Karawang, 5 Januari 2013,

22 Safar 1434 H.

Sabtu.
Djayanti Nakhla Andonesi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s