PLN, Kau tak ‘sendirian’


Adalah kebutuhan vital saat ini, mengenai listrik. Dan sudah barang tentu, berbicara listrik di negara kita erat kaitannya dengan PLN. Karena Perusahaan Listrik Negara ini, bertugas untuk mengelola listrik yang ada di negara kita tercinta, Indonesia.

Sejauh ini, kinerja salah satu Badan Usaha Milik Negara ini sudah optimal, hanya perlu diperbaiki lagi. Mengingat, banyaknya pertimbangan yang kadang mengagetkan sebagian masyarakat, dengan adanya pemadaman bergilir. Yang jadi masalah adalah, seringkali, pemadaman itu tanpa konfirmasi kepada masyarakat. Sekalipun konfirmasi, pemadamannya berlangsung sering dan tidak sebentar. Seperti yang terjadi di kediaman teman saya, di daerah Borneo, misalnya. Saya sendiri, yang tinggal di Karawang, sering mengalami hal yang sama.

Hal itu, tentu saja membuat aktifitas individu atau masyarakat yang berkaitan dengan kelistrikan menjadi terhambat. Apalagi jika dalam skala yang besar, seperti pabrik atau home industry, yang akan kelabakan jika mengalami pemadaman mendadak. Jangankan yang mendadak, yang dipadamkan secara terjadwalpun, pasti akan mengalami kerugian yang signifikan. Dalam kata lain, secara langsung maupun tidak langsung, akan berpengaruh pada laju perekonomian masyarakat.

Untuk itu, dalam blog ini, penulis ingin menuangkan ide atau segenap saran untuk PLN, untuk menjadikan PLN semakin kece.

Pertama. Sumber daya Indonesia, seluruh dunia pun tahu, sangatlah berlimpah. Termasuk sumber daya alam yang menunjang pasokan tenaga listrik. Ambil contoh, kita dapat menggunakan, air laut yang melimpah, jika memang pasokan batubara sudah minim. Bukankah negara kita penuh dengan air laut? Jadi, tidak ada alasan tak ada pasokan ketika musim kemarau tiba.

Kedua. Kita bisa mengandalkan musim hujan. Memang, hujan seringkali identik dengan banjir. Namun, jika kita mau membuka mata lebih jeli, ada potensi yang berharga di balik banjir yang terjadi. Mungkin, kita bisa merubah cara pandang kita terhadap banjir yang sering terjadi di beberapa bagian negara ini. Banjir yang biasa terjadi, tidak lagi menjadi momok. Karena di satu sisi, kita bisa menggunakan kincir angin, untuk membangkitkan tenaga listrik dari sumber daya air yang datang tak diundang itu, alias banjir.

Kedua hal itu, bila dapat dioptimalkan dengan baik, maka tak akan ada alasan lagi, pemadaman listrik mendadak akibat tak ada pasokan tenaga.

PLN tentu saja tidak bisa bekerja sendirian. Maka dari itu diperlukan kesadaran masyarakat, untuk berpastisipasi aktif dalam menggunakan energi listrik ini secara hemat. Agar keberlangsungan nyawa listrik yang ada di Indonesia ini, dapat berjalan dengan baik. Nah, untuk membuat masyarakat semakin banyak yang menyadari akan pentingnya menjaga energi listrik dengan baik, PLN bisa membuat perlombaan yang kontinu untuk masyarakat umum. Seperti, membuat lomba kreatifitas dalam menghemat listrik di rumah, selain metode umum menggunakan listrik seperlunya. Hadiahnya juga yang menarik, agar masyarakat termotivasi untuk tak hanya menghemat energi listrik yang berharga bagi semua ini, namun juga menciptakan sesuatu yang baru, layaknya ilmuwan-ilmuwan yang termahsyur itu. Karena bukankah sebenarnya, masyarakat Indonesia adalah orang-orang yang cerdas?

Dan di usia PLN yang semakin dewasa ini, semoga semakin lebih baik lagi dalam menjalankan amanah dan mengabdi pada negeri. Dan sebagai penduduk negeri ini kami menemani dan mengawasi. Jangan khawatir PLN, kau tak sendirian.

2 thoughts on “PLN, Kau tak ‘sendirian’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s