Selamat Ulang Tahun, Indonesia


Sudah beberapa hari ini, kau menyapaku lewat kata di balik punggung kaos mereka. Kau yang fenomenal dengan kisah yang direkam masa. Sekaligus kau yang disegani dan dicintai oleh bangsa. Disegani bahkan oleh orang luar sana, yang gemetar hanya karena digeram olehmu saja. Dan kau yang dicintai oleh kami yang menyadari arti nasionalisme yang sesungguhnya. 

Kau, lewat kata yang dituliskan dibalik punggung mereka, berkata :

“Perjuanganku lebih mudah, karena mengusir penjajah. Namun perjuanganmu akan lebih sulit, karena melawan bangsamu sendiri.”

Ah, Bung Karno. Aku tercenung lama sekali mencerna kalimatmu. 

Barangkali memang benar. 
Setelah kau dan seluruh pahlawan tanpa balas jasa berjuang mengerahkan seluruh jiwa raga untuk mengusir penjajah, membela negara, dan berhasil meraih kemerdekaan, kini giliran kami…

Giliran kami mengusir hawa nafsu dan ego kami sendiri, yang jauh lebih dahsyat dari penjajah manapun di muka bumi.

Barangkali memang benar.
Ternyata, tak mudah menjaga amanah yang telah engkau dan para pendahulu embankan pada kami. Saking tak mudahnya, kami sering bersitegang dengan bangsa sendiri. Bahkan kami mudah diadu domba dengan saudara setanah air sendiri. 

Mungkin memang benar.
Prediksimu tentang melawan bangsa sendiri telah sampai pada kami. Karena entah mengapa, selalu ada penjilat yang mau menang sendiri. Selalu ada orang licik yang tega mengorbankan kepentingan bangsa ini, demi kepentingan diri dan golongannya sendiri. Selalu ada, entah mengapa. Barangkali memang kekuasaan terlalu menyilaukan mata nurani.

Padahal, kau dan segenap pahlawan bangsa ini, yang telah gugur dengan syahid, tak pernah mengharapkan generasinya terluka lagi.

Sungguh tulus dan murni cinta kalian pada negara ini. Maka, izinkanlah kami bercermin diri. Ah, malu diri ini. Ternyata, hati kami memang masih cacat sana-sini. 


Di tujuh puluh tahunnya negeri ini merdeka…
Izinkan kami berdoa, dan berusaha mewujudkannya…

Ya Tuhan kami, Dzat Yang Maha Berdiri Sendiri. Terima kasih atas nikmat kemerdekaan ini. Limpahkan balasan rahmat dan nikmat yang tiada tara, pada mereka para pahlawan kami, yang telah tulus dan rela mengorbankan seluruh yang dimiliki, untuk keberlangsungan hidup kami di negeri ini.

Dan berilah kami kekuatan, untuk selalu berbenah diri. Mencintai negeri ini, dengan sepenuh hati yang murni. Dan paling tidak, jadikanlah kami, bangsa yang amanah, selalu rukun dan menghormati, bersatu menjunjung nilai-nilai kebaikan, sebagaimana yang telah para pahlawan kami lakukan.

Dan jadikanlah, negeri Indonesia ini, negeri yang damai, aman, dan sejahtera, tak hanya untuk mereka yang berkuasa, namun sejahtera untuk seluruh lapisan masyarakat yang ada di mana saja berada, di setiap sudut Indonesia.

Aamiin, ya Allah Ya Robbal ‘alamin…

*Djayanti Nakhla Andonesi, 17-08-15.
Kamojing, Cikampek*

#ILoveIndonesia#WalauBagaimanapunJuga#
^____^

2 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s