#1 About 10 Things that Make Me Really Happy


 

Beuh, judulnya ngenglish banget. Emang yang nulis ngerti? Dikiiit, hahaha.

Makanya, isi konten mau pake bahasa pribumi aja, hehehe.

Berkaitan dengan 30 hari mencari akik  hari ngepos blog tanpa absen seperti yang sudah saya uraikan di sini, bertepatan dengan genapnya anak saya Caca berusia 15 bulan, saya pun mengawali challenge ini dengan mengucap : Bismillaahirrohmaanirrohiim. (Dengan menyebut Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang)

Oke, langsung aja yuk, saya uraikan challenge no satu : List 10 Things that Make You Really Happy.

Hm, kalau ditanya hal apa saja yang membuat saya bahagia, jawabannya banyak, banyaaaaak banget. Tapi karena cuma disuruh ngelist 10 doang, maka saya sekuat hati meringkas yang paling-paling membuat saya bahagia.

Apa sajakah itu?

1. Sehat wal ‘afiat

Tentu, bagi semua orang, termasuk diri saya, sehat adalah hal penting yang bisa membuat orang bahagia. Kalau lagi enggak sehat, dikasih kue tart yang enak banget aja rasanya hambar. Dikasih uang sebanyak lautan aja rasanya hampa, apalagi mengingat siapa juga yang mau ngasih sebanyak itu dengan cuma-cuma. Hehe.

Ya, intinya, kalau lagi sakit, semua jadi terasa enggak enak dan serba terbatas. Seperti yang sekarang saya alami. Ditambah semua personil keluarga saya, juga sedang sakit. Apalagi ongkos pemulihan kesehatan yang enggak sedikit.

Yup, sehat itu emang mahal. Nah, dari sini bisa kita simpulkan kalau orang sehat itu udah pasti kaya, tapi orang kaya belum tentu sehat. Dan kalau bisa, kita harus bisa jadi orang sehat lahir batin yang kaya plus bertaqwa,🙂 *jadi afirmasi buat diri sendiri, ayolah cepat pulih wahai diri*

Jadi, salah satu yang membuat saya bahagia adalah ketika semua personil keluarga, orang-orang di sekitar saya, pun diri saya sehat.

2. Berkecukupan

Yang membuat saya bahagia, adalah bukan ketika saya mesti memiliki segalanya. Tapi, ketika saya merasa cukup dengan apa yang saya butuhkan. Misalnya, ketika ingin membeli beras, uangnya cukup. Ketika ingin punya rumah, dananya cukup. Ketika benerin pager rumah, duitnya cukup. Dan sebagainya, selalu cukup. Sampai ketika ingin punya mobil (aamiin) budget nya pun (nanti) cukup, hehehe.

Jadi, yang penting, hidup kita berkecukupan kan?
Eh tapi, serius. Yang paling penting lagi, dari soal dana, bahagia adalah ketika hati kita selalu merasa cukup. Karena, hati yang merasa cukup akan mampu membimbing kita untuk hidup berkecukupan dengan cara yang ihsan, cara yang fair, cara yang halal, bukan cara yang ‘kotor’.

3. Berkumpul Bersama Keluarga Tercinta

Bagaimana pun ruwetnya ekonomi Indonesia, saya tetap bahagia jika berkumpul dengan keluarga tercinta. Baik itu bersama suami, anak maupun orangtua/mertua, dan sanak famili lainnya.

Walaupun misalnya, suatu saat nanti saya dan suami juga anak saya merantau jauh, kami akan usahakan untuk berkumpul sesekali bersama mereka(keluarga besar).

4. Silaturahmi

Hal lain yang membuat saya bahagia adalah ketika saya bisa silaturahmi kepada sanak keluarga, guru, sahabat, teman-teman, dan orang yang saya kenal. Walaupun, memang akhir-akhir ini, silaturahmi saya jarang bisa langsung face to face . Tapi setidaknya, saya masih bisa menjalin komunikasi dengan mereka. Walaupun kadang, mandek juga.

Mengetahui kabar mereka, yang juga sama sibuknya, melalui media elektrik, cukup menjadi penawar rindu, pelipat jarak, dan pelorong waktu. Dan penambah bahagia.

5. Senyum

Senyum bisa jadi modal awal untuk bahagia. Dan, seringnya, saya tidak harus menunggu bahagia dulu untuk tersenyum, tapi saya mencoba tersenyum dahulu agar saya bahagia. Bukan berarti saya senyum-senyum sendiri sepanjang jalan, tolong, saya masih waras, hahaha.

Yang jelas, senyum juga bisa jadi sedekah. Tergantung niat juga tapi, ya. Dan saya memang merasa bahagia saat saya bisa senyum, sekalipun saya sedang dalam situasi yang sulit.

Apalagi, ketika kita mendapatkan senyum dari orang-orang yang disayang. Saat orang-orang yang saya sayangi, terutama suami dan anak tersenyum, riang gembira, tertawa lepas bahkan, di sanalah ada bahagia yang saya rasa.🙂

6. Berbagi

Percaya atau tidak, ketika kita sudah bisa membagikan sesuatu yang dibutuhkan orang lain, akan timbul rasa tenang dan bahagia dalam dada. Dan itu yang sering saya rasakan. Ketika ada orang yang membutuhkan bantuan saya, selama itu tidak melanggar norma agama, maka saya akan berusaha untuk membagikan bantuan yang saya bisa. Ini bukan pencitraan loh ya, hahaha. Tapi memang benar semua yang Rosulullah ajarkan, termasuk tentang sedekah atau berbagi. Ya, kita akan merasa bahagia bukan ketika kita selalu mendapatkan apa yang kita mau, tapi ketika kita mau berbagi apa yang kita mampu.🙂

7. Kuota Penuh Pulsa Oke

Hehe, untuk poin ini, bisa dibilang bahagia yang kekinian banget. Hahaha. Ya, dewasa ini kan, pulsa bukan cuma buat gaya-gaya an tapi gaya beneran, loh , tapi saya merasa pulsa sudah jadi kebutuhan. Yang paling penting buat komunikasi, apalagi untuk mengharmonisasi keutuhan rumah tangga *ihirr^^

Dan juga kuota, kini enggak kalah pentingnya. Untuk nulis, dan karena menulis pun bisa membuat saya merasa lega, di blog kan juga pakai ini soalnya, hehehe. Pun untuk baca-komen-ikutan lomba yang belum nemu klik menangnya di blog juga kan butuh kuota, hehehe.

Jadi, saya bahagia jika kuota dan pulsa saya penuh dan oke.😀

8. Ketika Usaha Berjalan Lancar dan Sukses

Saya dan suami, kini berprofesi sebagai owner Halal Mart. Mau tau Halal Mart apa? Nanti kapan-kapan saya pos, ya.
Jadi, saya bahagia jika bisnis Halal Mart yang kami rintis ini, berjalan lancar dan sukses.
Paling tidak, pahala dan keberkahan melimpah untuk kami dalam usaha ini. Aamiin.
Pun dengan usaha-usaha halal lain, semoga Allah selalu memberkahi kami, dan kita semua. Aamiin.

9. Piknik atau Jalan-jalan atau Hunting Buku

Hehe, saya sukaaa banget sama ketiga hal ini. Ya, walaupun memang jarang piknik dan jalan-jalan karena saking sibuknya, tapi kalau ada kesempatan untuk itu saya akan semangat empat lima untuk menjalaninya. Apalagi hunting buku. Ya, walaupun belum tentu buku-buku yang saya beli itu, akan langsung dibaca karena sampai sekarang juga masih ada yang masih diplastikin saking enggak sempetnya dibaca,hah keterlaluan, ckckc, saya akan menjadi begitu bahagia.

Apalagi kalau buku yang saya baca itu adalah buku saya sendiri loh,hehe. Iya, kepengen juga kali saya bisa menerbitkan buku, mudah-mudahan suatu saat impian yang membahagiakan saya ini dapat terwujud. Aamiin. *Makasih loh doa tulusnya🙂

10. Kemauan untuk Bersyukur dan Mendapatkan Ridho Suami serta Orangtua

Sebenarnya ini yang paling utama dan penting dalam hidup saya. Poin inilah yang sebenarnya dapat membuat diri saya bahagia. Ya, kemauan bersyukur adalah hal yang selalu saya usahakan. Karena, semua orang mampu bersyukur, tapi belum tentu mau melakukannya. Dan saya pun tak ingin ketinggalan masuk surga kelak, hanya karena saya ikut golongan tak mau bersyukur.

Dan saya merasa bahagia, ketika saya masih diberi kesempatan untuk membuka mata lagi setelah tidur. Karena, itu artinya, saya masih diberi kesempatan untuk memperbaiki diri dari segala sisi, dan untuk menambah rasa bahagia saya dengan bersyukur.

Bukankah firman-Nya juga jelas? Barangsiapa yang kufur akan ditambahkan adzab-Nya, dan siapa yang bersyukur akan ditambah oleh Allah nikmat-Nya. (Lihat QS. Ibrahim ayat 7)
🙂

Ridho orangtua adalah hal yang penting dan utama ketika saya masih gadis. Dan karena saya sudah menikah, maka sebagai seorang istri, ridho suami adalah hal yang sangat membahagiakan saya, karena kalau suami ridho, insya Allah, Allah pun ridho.

Aamiin.

Itulah 10 hal yang dapat membuat saya bahagia. Yang sebenarnya, masih banyak hal lain yang juga membuat saya bahagia. Tapi karena 30 Day Writing Challenge cuma nyuruh ngelist 10 doang, jadinya ya… yang 1001 hal lainnya, saya tulis dalam benak saya sendiri. Hehe.

Nah, bagaimana dengan Anda? 10 hal apa yang (benar-benar) membuat Anda bahagia?🙂

Salam,
Djayanti Nakhla Andonesi
@Baiti Jannati, Dusun Kaumjaya

2 thoughts on “#1 About 10 Things that Make Me Really Happy

Leave a Reply

